Peranan Kebijakan Publik Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Peranan Kebijakan Publik Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat

Dalam rangka  menciptakan suasana akademis yang berfokus pada kompetensi bidang ilmu Administrasi Negara dan Administrasi Niaga, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA-YPIAMI), pada tanggal 17-18 Desember 2016, di Graha Insan Cita, Sukmajaya Depok Jawa Barat,  menyelenggarakan Diskusi Mahasiswa  dan Seminar Nasional Kebijakan Publik.

Diskusi yang mengambil topik tentang Kebijakan Publik  diikuti oleh Dosen  sebagai Pengarah  dan Mahasiswa sebagai Pemakalah  yang didiskusikan diantara peserta.  Kegiatan tersebut, dibuka pada 17 Desember 2016  oleh Drs. H. Atang Sugiyono, M.Si yang didampingi oleh Ketua Juruan Ilmu Administrasi Negara, Supratman, M.Si. yang menegaskan bahwa mahasiswa perlu belajar banyak tentang substansi diskusi yang menjunjung tinggi pendapat orang lain.

Pada hari berikutnya, 18 Desember 2016, dilaksanakan Seminar Nasional dengan pembicara tunggal Dr. Eko Harry Susanto, M.Si, pengamat dan pakar Komunikasi Politik dan Kebijakan Publik dari Universitas Tarumanagara Jakarta.  Dalam kesempatan itu, bertindak sebagai moderator adalah Drs. Sony Subagio, MM yang membuka acara dengan mengemukakan riwayat singkat kegiatan Dr. Eko Harry Susanto. Selain itu, seminar dihadiri pula oleh dosen STIA-YPIAMI, antara lain Drs. Saiman, Dennis A. Satrio dan dosen - dosen penampu mata kuliah yang terkait. 

Inti utama dari Makalah Berjudul Peranan Kebijakan Publik dalam Meningkatkan Kesejahteraan adalah,    Kebijakan publik merupakan upaya) pemerintah untuk mengatasi masalah publik dengan membentuk undang-undang, peraturan, keputusan, atau tindakan yang berkaitan dengan masalah yang dihadapi.

Banyak masalah dapat diatasi dengan kebijakan publik termasuk kejahatan, pendidikan, kebijakan luar negeri, kesehatan, dan kLewis dan Gilman (2005:22), menandaskan, pelayanan publik merupakan kepercayaan masyarakat, karena itu harus  dilakukan  dengan kejujuran dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan etika pelayanan publik sebagai fondasi dalam mewujudkan pemerintahan  yang berpihak kepada rakyat.

Indikator Pelayanan Publik yang baik dan berpihak kepada Rakyat ada dalam Birokrasi Ideal, yang bekerja sesuai dengan kapasitas  dan bersifat tidak personal.

Seusai pemaparan makalah dilanjutkan dengan pertanyaan dari peserta seminar. Umumnya mahasiswa  yang mengajukan pertanyaan mengkaitkan dengan kondisi kekiniaan dalam pelaksanaan kebijakan public yang belum sepenuhnya memberikan kesejahteraan yang diharapkan rakyta. (*)

 



0 Komentar :

Comments

    << First | < Prev | 1 | Next > | Last >>

Write A Comment

 

Tulisan Sebelumnya

  • info-libur-17-agustus-2018

    Info Libur 17 Agustus 2018

    Info Libur Menyambut 17 agustus 2018 , Maka semua kegiatan baik perkuliahaan maupun yang berhubungan dengan Kampus,seketariat diliburkan mulai tanggal 16 Agustus 2018&nbsp; dan masuk kembali&nbsp; tgl 20 agustus ...... Selengkapnya (0 komentar)

  • wisuda-ke-15-tahun-2018

    Wisuda ke 15 Tahun 2018

    Wisuda ke 15 Tahun 2018 DI Hotel MERCURE Ancol ,krakatau ...... Selengkapnya (0 komentar)

  • pendaftaran-online

    Pendaftaran Online

    STIA-YPIAMI Membuka pendaftaran mahasiswa baru secara online mulai semester ganjil 2018/2019. Bagi siswa/siswi yang telah lulus/sudah bekerja yang Memiliki ijasah sma/smu/Madrasah Aliyah, Paket C dan yang ...... Selengkapnya (0 komentar)

  • berita-duka-cita

    BERITA DUKA CITA

    Inallilahi wainailahi Rojiun Telah meninggal dunia Bapak Slamet Suryono, Dosen STIA- YPIAMI Jakarta, 17 juni 2018&nbsp; Jenazah dimakamkan pada 17 juni 2018 Berangkat dari Rumah Duka ,&nbsp; jam 11.00 WIB. ...... Selengkapnya (0 komentar)

  • libur-idul-fitri-1439h

    LIBUR IDUL FITRI 1439H

    Menyambut Idul Fitri yang akan Jatuh di tgl 15/16 Juni 2018&nbsp; Maka&nbsp; Kampus diliburkan dari&nbsp; Segala Aktifitas yang ada di Kampus ,&nbsp; dan Mulai aktif kembali di tgl 21 Juni ...... Selengkapnya (0 komentar)